• Subcribe to Our RSS Feed

13 JURUS ATASI GTM (Gerakan Tutup Mulut)

Aug 26, 2019 by     No Comments    Posted under: Baby Care, Parenting

13 JURUS ATASI GTM (Gerakan Tutup Mulut)

    13 JURUS ATASI GTM (Gerakan Tutup Mulut)

Jika anak anda mengalami kesulitan makan dan atau melakukan aksi GTM alias Gerakan Tutup Mulut… Don’t be panic! It’s a challenge not a problem. Inilah bagian dari yang namanya Seni Pengasuhan anak. Saatnya tunjukkan pada dunia bahwa Anda adalah a strong women and smart mom!

Pertama, cari sebab kenapa anak GTM. Apakah anak sedang sakit (perhatikan gejala yang lain: demam, batuk dll, perhatikan juga rongga mulut anak, apakah ada sariawan)? Atau anak sedang kenyang? Lambung anak berukuran terbatas sehingga daya tampungnya pun tidak banyak. Orang tua hendaknya jangan terlalu berambisi memberikan makan sebanyak mungkin.

Selanjutnya, cari tahu apakah makanan yang disajikan sudah sesuai dengan selera anak? Adakalanya anak menyukai jenis rasa tertentu yang membuat makannya jadi lahap. Dalam masalah pemberian makan pada anak, orang tua hendaknya mengerti bahwa “your baby is your boss” .

Jangan terkecoh indahnya kata-kata dan dahsyatnya gambar menu makan anak di sosial media. Jangan pula terbujuk untuk mengikuti pola makan dan menu makan anak lain, entah itu anak tetangga, anak artis ataupun selebkids! Setiap anak punya keistimewaan dan keunikan sendiri. Ortulah yang paling mengerti apa kebutuhan dan kemauan anak.

Jika anak Anda benar-benar mengalami kesulitan makan, maka tiba saatnya Anda melakukan jurus-jurus Feeding Rules yang setidaknya meliputi 3 hal: jadwal (no 1-3), lingkungan (no 4-9) dan prosedur (no 10-13)

 

  1. Jadwal makanan utama dan makanan selingan (snack) harus secara teraturP
  2. Pemberian makan sebaiknya tidak > 30 menitJ
  3. angan menawarkan camilan yang lain saat makan kecuali minum
  4. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan (tidak boleh ada paksaan untuk makan)
  5. Siapkan serbet untuk alas makan agar tidak berantakan
  6. Tidak ada distraksi (mainan, televisi, perangkat permainan elektronik) saat makan
  7. Jangan memberikan makanan sebagai hadiah
  8. Berikan makanan dalam porsi kecil
  9. Berikan makanan utama dulu, baru diakhiri dengan minum
  10. Latih anak untuk makan sendiri
  11. Bila anak menunjukkan tanda tidak mau makan (mengatupkan mulut, memalingkan kepala, menangis), tawarkan kembali makanan secara netral, yaitu tanpa membujuk ataupun memaksa
  12. Bila setelah 10-15 menit anak tetap tidak mau makan, akhiri proses makan
  13. Hanya boleh membersihkan mulut anak jika makan sudah selesai

 

Share