• Subcribe to Our RSS Feed

Bedong Bayi

Feb 5, 2013 by     No Comments    Posted under: Baby Care

Dad & Mom pasti tahu kan, apa itu “bedong bayi”?
Yup, betul… Bayi dibungkus sedemikian rupa hingga seluruh tubuhnya (kecuali raut muka) tertutup oleh selembar kain fanel lembut… Tentu kain bedong sudah kita siapkan jauh jauh hari sebelum kelahiran bayi, kan?

Bedong Bayi ternyata tidak hanya membudaya di Indonesia, tapi juga di beberapa negara di belahan dunia. Bedong bayi dikenal sejak awal abad 18 dan awalnya ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur bayi

Seberapa amankah bedong bayi? Bagaimana cara membedong bayi yang benar? Apa manfaatnya bagi tumbuh kembang bayi?

Di beberapa penelitian telah dibuktikan bahwa Bedang Bayi telah akan mempercepat awitan tidur, memperlama durasi tidur dan memperkecil kejadian “terbangun spontan” saat tidur. Bedong Bayi juga berhasil menjaga kehangatan bayi dan membuat bayi merasa nyaman…

Dengan dibedong, gerakan tubuh dan tungkai bayi jadi terbatas… Namun beberapa penelitian menunjukkan hasil bahwa bedong bayi berefek positip terhadap “neuromuscular development”

Di beberapa negara juga telah dibuktikan bahwa Bedong Bayi berkontribusi besar dalam menurunkan resiko terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) alias Sindroma kematian Bayi secara mendadak.

Tapi hati-hati dengan bedong bayi yang terlalu ketat! Karena akan meningkatkan resiko SIDS karena penekanan organ dan fungsi napas

Penelitian di Turki & China menunjukkan bahwa bedong bayi pada bayi berumur kurang dari 3 bulan akan meningkatkan resiko ISPA (Infeksi Saluran Napas Atas).
Diduga bedong bayi akan menyebabkan kurangnya expose dengan sinar matahari, sehingga menyebabkan bayi kekurangan Vitamin D, yang selanjutnya akan meningkatkan resiko terjadinya ISPA.

Bedong bayi telah terbukti berhubungan erat dengan kejadian DDH (Development of Dysplasia of Hip = kelainan sendi panggul), terutama pada bedong bayi yang ketat, dimana kedua tungkai bayi tidak bisa bebas untuk menekuk dan bergerak menjauh antara tungkai kiri & kanan.
Selain itu, Bedong bayi juga bermanfaat dalam menetralisir stimulus nyeri pada bayi

Bedong bayi ternyata juga efektif dalam menenangkan bayi yang sedang menangis hebat (excessive crying)

Eksprimen di Rusia menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan thd respon breastfeeding antara bayi yang dibedong dengan bayi with clothed

Kapan bayi boleh mulai dibedong?
Sampai usia berapa bayi boleh dibedong?

Biasanya bedong bayi dilakukan sejak lahir hingga 6-10 bulan
Di tiap negara, durasi penggunaan bedong bayi ini berbeda2

Bagaimana teknik membedong bayi yang benar? Terutama untuk mencegah terjadinya kelainan sendi panggul?

Berikut adalah gambar cara membedong bayi yang benar yang terbukti akan mengurangi resiko terjadinya DDH.

Bedong Bayi

Dr. H. Taufiqur Rahman, SpA )

Share