• Subcribe to Our RSS Feed

Keistimewaan Air Zam-zam

Ada hal menarik yang terjadi saat perjalanan dari Bandara King Abdul Azis Jeddah menuju kota Mekkah. Ya, ada pembagian air zam zam kemasan 330 cc beserta biscuit secara cuma cuma.

Pembagian air zam zam kemasan 330 cc itu merupakan program pemerinta Arab Saudi dibawah kantor “Zamazimah”. Lebih jauh, Sulaiman Shaleh Abu Ghaliyah (Dirjend kantor Zamazimah) menegaskan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pendistribusian 2,5 juta botol air zam zam melalui komando haji musim tahun 1432 H.

Bukan hanya itu, di setiap lantai di masjidil haram (ada 4 lantai: basement, lantai 1, 2, dan 3) di setiap sudut, disediakan air zam zam dalam jumlah yang cukup. Para jamaah bisa mengambil air penuh mukjizat ini dengan sepuasnya. Selain untuk minum sebagai penawar haus dan pengobat segala penyakit, air yang sangat popular sebagai oleh oleh haji ini, biasa digunakan untuk membasuh muka dan membasahi rambut kepala.

Dari segi keutamaannya, sebagian ulama telah mengumpulkan berbagai fadilah dan keutamaan zamzam. Antara lain adalah air surga (maa’ul-jannah). Artinya, air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.

Nikmat Allah, yakni salah satu nikmat Allah bagi para jamaah haji yang langsung bisa merasakan nikmatnya air di tengah-tengah padang pasir. Penuh berkah karena Rasulullah SAW senang meminumnya dan tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke sumur zamzam. Air ini juga mengenyangkan serta menghilangkan dahaga.

Dapat juga digunakan sebagai air penyembuh penyakit, baik penyakit jiwa atau batin maupun penyakit jasmani. Rasulullah SAW menyebutnya, “mengobati penyakit.” Banyak kisah dan riwayat tentang hal ini sebagai bukti kebenaran hadis tersebut.

Allahumma Inni as’aluka ‘ilman naafi’ah wa risqon waasi’an wasyifaa’an minkulli daa’in wa saqomin… (Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, riski yang luas, serta kesembuhan dari segala penyakit dan rasa sakit) – doa sebelum minum air zam zam. (Dilaporkan langsung oleh dr. TR dari Mekkah)

Share