• Subcribe to Our RSS Feed

Keutamaan Kota Mekkah dan Ka’bah

Ibadah haji dan umroh tidak bisa dipisahkan dengan kota mekkah. Setiap tahun pada musim haji jutaan kaum muslim dan muslimah dari berbagai penjuru dunia berbondong bondong datang ke kota suci ini dengan 1 tujuan.

Dalam momen tahunan ini, segenap kaum muslimin berkumpul dalam satu tempat dan pada waktu yang sudah ditentukan. Ibadah haji tidak akan diterima kecuali jika dilaksanakan di tanah haji, Mekkah.

Mekkah merupakan salah satu propinsi di Arab saudi dengan luas wilayah 164.000 km persegi (hampir 3,4 kali luas propinsi Jawa Timur) dengan populasi hampir 6 juta jiwa (bandingkan dengan populasi kabupaten Lamongan yang mencapai 1,4 juta jiwa dengan luas wilayah hanya 1800 km2). Ibu kota propinsi Mekkah adalah kota Mekkah, dimana terdapat ka’bah dan masjidil haram didalamnya.

Selain Madinah, Makkah adalah kota yang juga melarang kunjungan orang-orang yang beragama bukan Islam. Jadi bisa dipastikan 100% penduduk Makkah adalah umat muslim.

Keutamaan kota Mekkah adalah:

1. Tanah terbaik di muka bumi. Rasulullah SAW bersabda, Demi Allah engkau adalah tanah Allah yang terbaik dan paling Dia cintai. Kalaulah bukan krn aku diusir dari sana, maka aku tidak akan keluar meninggalkanmu (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Negeri yang paling baik. Sabda Rasulullah SAW: Engkau adalah negeri yang paling baik dan paling aku cintai (HR Tirmidzi)

3. Tanah haram. “Sesungguhnya negeri ini telah dimuliakan Allah pada hari penciptaan langit dan bumi. Negeri ini haram (dari segala bentuk kenistaan thd makhluk) krn kemuliaan Allah hingga datang hari kiamat (HR Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Ka’bah:

1. Masjid pertama di muka bumi. Itulah rumah Allah yang pertama kali dibangun untuk peribadatan manusia

2. Kiblatnya kaum muslimin sedunia. Sholat tdk akan sah jika tidak menghadap ke arah ka’bah, kecuali dlm kondisi darurat

3. Sholat di masjidil haram membuahkan pahala 100 ribu kali dari sholat yang dilakukan di masjid2 lain

Share