• Subcribe to Our RSS Feed

MEMANDIKAN BAYI

Apr 30, 2014 by     No Comments    Posted under: Baby Care

BABYBATH2

MEMANDIKAN BAYI

Memandikan bayi ternyata bukan hanya sekedar membersihkan tubuh bayi dari kotoran dan menyegarkan tubuh/kulit bayi, namun ada berbagai keajaiban dibalik itu, antara lain:

  • Memandikan bayi adalah saat bonding (upaya mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi) terbaik setelah momen “menyusui”, yang sangat memorable dan selalu ditunggu tunggu oleh si bayi
  • Saat memandikan, kita bisa tahu manakala ada ruam di kulit, gigitan serangga, benjolan yang tidak wajar, hingga adanya sensasi nyeri pada bagian tubuh tertentu jika dilakukan penekanan. Jadi saat memandikan adalah saat terbaik kita mencari tahu kondisi kesehatan bayi secara kasat mata
  • Saat memandikan adalah saat terbaik kita melakukan stimulasi pada si kecil tersayang. Lakukan rangsangan pada semua “pintu masuk stimulasi” antara lain indera pendengaran (ajak bayi berkomunikasi verbal baik secara aktif maupun pasif), indera penglihatan (selama proses memandikan, jaga agar selalu terjadi kontak mata) dan tentu saja rangsangan taktil (sentuhan dan pijatan lembut pada kulit bayi di seluruh bagian tubuh bayi)

Banyak ibu mengungkapkan rasa kuatir nya dan ke-tidak pede-an nya jika harus memandikan bayinya sendiri, terutama jika sang bayi adalah anak sulung alias anak pertama!

Jadi memandikan bayi sebaiknya dilakukan oleh orang terdekat dari bayi, yaitu ibu dan atau ayah bayi. Adalah sesuatu yang merugikan jika dalam hal memandikan bayi, kita menggunakan jasa orang lain seperti baby sitter, dukun bayi, tenaga paramedis, pun juga para grandma tercinta, kecuali dalam situasi yang mendesak dan terpaksa. Kita tidak hanya rugi secara finansial, tapi yang terpenting adalah rugi dalam hal kehilangan kesempatan emas melakukan hal hal positip yang sudah disebutkan di atas.

Banyak ibu mengungkapkan rasa kuatir nya dan ke-tidak pede-an nya jika harus memandikan bayinya sendiri, terutama jika sang bayi adalah anak sulung alias anak pertama! Untuk itu dalam artikel ini akan saya share beberapa tips menarik seputar memandikan bayi.

Selain beberapa benefit dari momen “memandikan bayi”, tahukah Anda bahwa sebenarnya memandikan bayi itu juga rumit dan berbahaya? Selain harus “hati-hati” dalam setiap langkah memandikan bayi, Anda harus paham trik dan tips selama proses memandikan:

Tahukah Anda bahwa sebenarnya memandikan bayi itu juga rumit dan berbahaya?

  1. Waktu yang tepat untuk memandikan bayi adalah : pagi atau sore. Usahakan ibu tidak terburu buru dan memiliki waktu cukup untuk bayi. Pertimbangan pagi hari, saat bayi baru bangun dan siap untuk aktivitas sedangkan sore hari ketika bayi relaksasi menjelang tidur.
  2. Tempat memandikan bayi : bak plastic kecil yang di berikan dudukan karet (agar bayi tidak tergelincir) atau wastafel dapur yang khusus diperuntukkan mandi bayi.
  3. Di beberapa kepustakaan menekankan waktu memandikan bayi baru lahir , yaitu sebaiknya 1-2 kali seminggu untuk menjaga kelembapan kulit bayi dan mencegah hipotermi . selebihnya kita cukup membersihkan muka, alat kelamin dan pantat bayi setelah BAK & BAB (terlalu sering memandikan bayi juga merusak kulit bayi dan menjadikan kulit kering karena kandungan mineral, logam dalam air)
  4. Mandi bayi tidak selalu perlu dilakukan dalam bak air . The American Academy of Pediatrics merekomendasikan mandi dengan “sponge” sampai tali pusat lepas alias puput pusar (bahasa jawa, red) – yang mungkin memakan waktu hingga 2-3 minggu.
  5. Mandi sebaiknya menggunakan air hangat dengan suhu 37 derajat celcius ( air hangat merelaksasikan tubuh bayi)
  6. Isi bak mandi bayi : untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan isi tinggunya 13 cm ( 5 inc). jangan mengisi bak melebihi pinggang dalam keadaan bayi di dudukkan.
  7. Tidak perlu sabun khusus untuk memandikan bayi. Sebenarnya memakai air putih biasa saja cukup. Jikabutuh sabun gunakan sabun tanpa pewangi (Ph netral), hindari mandi busa dan sabun wangi dan bersihkan sabun dengan menggunakan tangan biasa
  8. Bilas dan keringkan dengan handuk dengan membungkus dan menepuk nepuk ( jangan di gosok-gosok) . berikan pelukan pada anak untuk menghangatkan kurang lebuh 10 menit dalam keadaan bayi sudah kering
  9. Kebanyakan bayi yang baru lahir tidak perlu lotion setelah mandi . Cara terbaik untuk mencegah ruam adalah mengeringkan lipatan kulit bayi Anda setelah setiap mandi . Jika Anda memilih untuk menggunakan lotion , pilih satu yang hypoallergenic
  10. Gunakan pakaian kering , bungkus dan hangatkan. Berikan ciuman pada bayi di keningnya yang harum.

Warning !!! jangan pernah meninggalkan bayi di dalam bak mandi dalam keadaan apapun. Jika ada sesuatu yang mengharuskan kita untuk meninggalkan bayi minta bantuan untuk melanjutkan mengganti memandikan, atau bayi di angkat dengan handuk dulu.

Share