• Subcribe to Our RSS Feed

PERAWATAN GUSI DAN GIGI PADA BAYI

Oct 30, 2014 by     No Comments    Posted under: Baby Care

GIGI

Tahapan tumbuh kembang seorang bayi memang sangat menakjubkan bagi setiap orang tua, termasuk tumbuh gigi. Cikal bakal gigi yang berupa tonjolan di sepanjang geraham biasanya sudah mulai terbentuk pada saat janin berusia 6 minggu. Selanjutnya, jaringan keras akan terbentuk di sekeliling cikal bakal gigi saat usia janin 3-4 bulan di dalam kandungan. Cikal bakal gigi ini akan tetap bersembunyi sampai bayi lahir dan mencapai usia 4-7 bulan.

    Saat usia bayi mencapai 6 bulan, biasanya gigi sudah mulai tumbuh.Saat ini bersihkan gigi bayi anda dengan sikat gigi khusus yang mempunyai ujung kecil dan bulu halus

Perawatan gusi dan gigi bahkan sebelum gigi bayi tumbuh merupakan hal yang penting karena walaupun bakteri di dalam mulut tidak dapat merusak gigi sebelum gigi tumbuh, tetapi tumbuhnya gigi pertama kali tidak dapat diprediksi. Kebanyakan gigi susu atau gigi pertama bayi akan tumbuh pada usia 6 bulan. Gigi susu berfungsi penting dalam mempengaruhi kondisi serta kelancaran pertumbuhan “gigi permanen” kelak. Selain itu, perawatan awal dapat membentuk kebiasaan positif untuk selalu membersihkan mulut sebagai rutinitas harian sehingga dapat memudahkan masa transisi untuk mulai menggunakan sikat gigi.

 

Pasta gigi yang disarankan adalah yang mengandung fluoride karena terbukti dapat melindungi enamel gigi dari karies dan pembusukan

Sebelum gigi pertama bayi muncul disarankan membersihkan gusi dengan membungkus telunjuk ibu dengan memakai sehelai kain kasa steril atau sapu tangan yang dibasahi. Tidak perlu menggunakan pasta gigi, cukup gosok secara lembut gusi bayi dengan jari telunjuk ibu yang sudah dibalut kain selama bayi mandi. Saat usia bayi mencapai 6 bulan, biasanya gigi sudah mulai tumbuh. Saat ini bersihkan gigi bayi anda dengan sikat gigi khusus yang mempunyai ujung kecil dan bulu halus. Bubuhkan pasta gigi yang mengandung fluoride seukuran sebutir beras atau hapusan tipis untuk menghindari pemberian fluoride yang terlalu banyak. Bersihkan bagian dalam dan luar gigi serta lidah bayi untuk membasmi bakteri yang dapat membuat napas berbau tidak sedap. Tidak perlu dibilas dengan air karena bayi belum bisa berkumur dan hanya sedikit pasta gigi yang digunakan. Disarankan melakukan kegiatan ini dua kali sehari didampingi oleh orang tua.
Pasta gigi yang disarankan adalah yang mengandung fluoride karena terbukti dapat melindungi enamel gigi dari karies dan pembusukan. Namun harus diperhatikan supaya pasta gigi tidak sampai tertelan. Menurut WHO, diperkirakan anak yang menelan pasta gigi berkontribusi menambah kandungan fluoride di dalam tubuh sebesar 0,50-0,75 mg/hari. Walaupun memiliki efek menguntungkan, kadar fluoride berlebihan yang terserap di dalam tubuh dapat memberi efek negative. Jumlah flouride yang direkomendasikan untuk anak usia <3 tahun adalah sebesar 25mg/hari. Selain itu, kunjungan ke dokter gigi sangat direkomendasikan untuk mengecek pertumbuhan gigi bayi.

Share