• Subcribe to Our RSS Feed

PERTUMBUHAN RAMBUT NORMAL PADA BAYI

Dec 15, 2016 by     No Comments    Posted under: Child Health

PERTUMBUHAN RAMBUT NORMAL PADA BAYI

Processed with MOLDIV

PERTUMBUHAN RAMBUT NORMAL PADA BAYI
1. Rambut merupakan organ yang unik, karena sebenarnya bagian yang hidup hanya di sekitar PANGKAL rambut
2. Kecepatan pertumbuhan dipengaruhi oleh hormon, kecukupan nutrisi dan faktor keturunan
3. Dalam kandungan, pertumbuhan rambut pada janin dimulai sekitar usia 8-12 minggu kehamilan. Sehingga bayi lahir umumnya dengan rambut di kepala yang banyak dan tebal. Rambut yang terbentuk dalam kandungan ini umumnya akan gugur dalam enam bulan pertama.
4. Setelah rambut yang terbentuk dalam kandungan gugur, akan tumbuh rambut baru yang sifatnya permanen dan mengikuti siklus pertumbuhan rambut secara alamiah. Umumnya pada usia 1.5 sampai 2 tahun telah tumbuh rambut baru permanen.
5. Kadang kala rambut yang gugur pada bayi membentuk pola tertentu atau hanya di bagian tertentu saja, misalnya di belakang kepala. Hal ini masih dapat dianggap normal pada bayi berusia kurang dari 6 bulan.
6. Pada bayi yang memiliki rambut sangat tipis umumnya pertumbuhan rambut yang agak tebal baru akan tampak setelah usia satu tahun.
7. Untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut bayi yang sehat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala. Kulit kepala bayi dapat dibersihkan dengan shampo khusus untuk bayi yang lembut dan tidak mengiritasi kulit kepala.

 

Share