• Subcribe to Our RSS Feed

Quality Time

Feb 5, 2013 by     No Comments    Posted under: Parenting

Dalam 24 jam, berapa menitkah waktu anda -sebagai seorang ayah- yang benar benar tercurah untuk si kecil? Dalam 1 minggu, berapa hari kah waktu khusus Anda bisa bersama sama dengan si kecil?

Terkadang kita lupa, bahwa waktu kebersamaan dengan si kecil merupakan saat saat yang memorable dan selalu ditunggu-tunggu­ oleh anak2 kita… Karena pada saat itulah si anak merasa “memiliki” kembali sang ayah.

Cara seorang ayah menimang bayi, cara mengayun ayunkan di udara, menepuk pantat bayi, memandikan bayi, mencium pipi halusnya, menyuap makanan bayi dan seterusnya, tidak sama dengan cara sang bunda. Sentuhan sang ayah terasa lebih tegas, lebih bertenaga dan selalu penuh kejutan.

Tatapan mata seorang ayah kepada si kecil, tidak hanya penuh kasih sayang, tapi juga terselip harapan dan doa…Sebenarny­a, yang terpenting bukan “berapa lama waktu kebersamaan kita dengan si kecil” tetapi lebih ditekankan pada “seberapa berkualitas kah” waktu kebersamaan kita dengan sang buah hati?

Jika anda hanya punya waktu beberapa jam saja bersama balita anda, maka tidak ada pilihan lain bagi anda, selain harus memaksimalkan “quality time” anda, agar “bonding” atau kedekatan emosional antara ayah dengan anak, selalu terjaga.

Beberapa aktivitas akan membuat mutu “quality time” anda akan meningkat adalah: memandikan anak (usia < 5 tahun), makan bersama, story telling alias mendongeng, massage (pijat), jalan jalan berdua, mengaji berdua, mengerjakan PR dan lain-lain.

Mulai sekarang buatlah planing, untuk merencanakan kegiatan apa yang akan anda lakukan untuk memaksimalkan “quality time” anda bersama anak-anak. Sepulang kantor, setelah membersihkan badan secukupnya, segera tenangkan perasaan anda, relax kan otot otot seluruh tubuh dan bebaskan pikiran anda dari segala tetek bengek rutinitas dan urusan kantor. Mulailah sore anda dengan sholat berjamaah, mengaji bersama, dilanjutkan makan malam bersama. Ajaklah anak anda berdialog tentang kegiatan apa saja yang telah dilakukan seharian. ( Dr. H. Taufiqur Rahman, SpA )

Share