• Subcribe to Our RSS Feed

There is something about Masjidil Haram

TAHUKAH ANDA?
(Mengungkap fakta seputar masjidil haram dan kebiasaan kaum muslim sedunia saat menjalankan ibadah di masjidil haram)

1. Masjidil haram terdiri dari 4 lantai: basement, lantai 1, 2 dan 3, dengan masing2 lantai beralaskan marmer putih bercorak abu abu, termasuk tangga manual.

2. Berbeda dengan lantai lainnya yang beratap dengan ornamen yang sangat cantik, lantai 3 masjidil haram beratapkan langit. Menjelang adzan maghrib, lantai ini selalu ramai karena dari lantai ini bisa nampak keindahan masjidil haram dan area sekitarnya saat matahari tenggelam.

3. Disetiap lantai di masjidil haram banyak disediakan air zam zam, rak al Qur’an dan tempat sampah berwarna putih. Tidak ditemukan satu pun “kotak amal”

4. Hampir semuah jamaah membawa masuk alas kakinya ke masjidil haram, tentu saja dengan menyimpannya di tas.

5. Adzan Subuh dikumandangkan 2 kali dengan selang 60 menit. Adzan kedua, mengganti “Khayyalassholaah…” dengan “Assholatu khoirum minan nauuum”

6. Setiap selesai sholat fardlu, hampir selalu dilaksanakan sholat jenazah

7. Hanya wanita yang berasal dari Indonesia dan Malaysia yang mengenakan Mukena sebagai alat penutup aurat. Sedang wanita dari negara lain cukup menggunakan busana muslimah dan jilbab panjang.

8. Sholat Jum’at di masjidil haram ditandai dengan 2 kali kumandang adzan.

9. Setiap adzan berkumandang, semua toko atau kios di sekitar masjidil haram menghentikan aktifitas jual-belinya, dan menutup toko/kios sampai selesai sholat.

10. Didepan masjidil haram, tepatnya di depan pintu King Abdul Azis, berdiri hotel bintang 5 “grand zam-zam” dimana terdapat menara dengan jam raksasa diatasnya. Diatas jam terdapat menara berbentuk bulan sabit yang jika adzan berkumandang, akan menyala kelap kelip.

Share