• Subcribe to Our RSS Feed

TOILET TRAINING

Oct 17, 2015 by     No Comments    Posted under: Parenting, Tumbuh Kembang Anak

image
Kemandirian seorang anak dalam buang hajat, baik itu BAB (Buang Air Besar) maupun BAK (Buang Air Kecil) merupakan tugas PERKEMBANGAN yang harus dikuasai oleh seorang anak.
Sebagaimana tugas perkembangan yang lain, kemandirian dalam BAB/BAK perlu latihan dan tentu saja dukungan dari kedua orang tua serta pengasuh. Program latihan menuju kemandirian dalam hal buang hajat di toilet selayaknya orang dewasa inilah yang dinamakan TOILET TRAINING

Anak dikatakan lulus menguasai ketrampilan toilet training ini ketika anak bisa jalan sendiri ke toilet kemudian membuka celana untuk buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) dan kembali memakai celananya lagi. Dan, seluruh ketrampilan ini tentu saja harus kita perkenalkan secara bertahap.
Toilet training bukanlah kemampuan yang sederhana. Otot sekitar kandung kemih dan usus besar harus diatur agar terbuka dan tertutup pada waktu yang tepat. Biasanya anak lebih cepat terlatih untuk buang air besar dahulu dibandingkan dengan buang air kecil, karena menahan benda padat lebih mudah dibandingkan dengan cairan dan anak masih dapat memberikan sinyal sebelum BAB keluar.

Umur berapa seorang anak SIAP untuk dilatih buang air di toilet?
Sebenarnya tidak ada patokan khusus, kapan seorang anak harus mulai dilatih buang air secara mandiri di toilet. Pada umumnya, umur 18-24 bulan, namun pada beberapa anak bisa mencapai 30 hingga 36 bulan.

Menurut American Academy of Pediatrics, pada usia 18 bulan. Anak mulai menunjukan tanda tanda kesiapan, sedangkan pada umur 24 bulan step by step harus dapat dimulai pendekatan pada anak dengan peran yang diajarkan, pada umur 30-36 bulan kebanyakan anak sudah bisa menahanya disiang hari, dan pada akhirnya umur 36-48 bulan (3-4 tahun) kebanyakan anak sudah dapat menahanya dimalam hari. Namun ada juga beberapa usia 30 bulan atau lebih anak yang belum siap. Sehingga Kuncinya adalah saat perkembangan fisik, emosi, dan psikologis anak siap.

Penting buat para orang tua untuk mengetahui tanda-tanda kesiapan seorang anak untuk mulai dilakukan toilet training, yaitu:
1. Anak Anda sudah bisa berjalan ke dan dari toilet
2. Anak Anda sudah bisa menjalankan perintah atau instruksi sederhana
3. Anak Anda sudah bisa BAB secara teratur pada waktu yang relatif sama
4. Anak Anda mulai menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan saat popok yang dia kenakan kotor
5. Ketika popok anak anda kering lebih dari 2 jam, dan anak anda tahu kapan waktu dia ingin BAK dan BAB
6. Jika anak anda tertarik ke toilet dan melihat anda menggunakannya. Anak anda mungkin juga memberitahu bahwa ada “pup dan pipis-nya” di popoknya
7. Anda bisa langsung memakaikan anak anda celana dalam tanpa popok pada hari biasa. Atau tetap menggunakan popok ketika akses ke toilet sulit atau saat tidur siang dan tidur malam

Share