• Subcribe to Our RSS Feed

Umur Berapa, Bayi Boleh Naik Pesawat?

Feb 10, 2013 by     1 Comment    Posted under: Child Health

Naik pesawat merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, apalagi jika itu merupakan pengalaman pertama….

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya naik pesawat bisa membahayakan kesehatan si kecil? Umur berapa bayi bisa diajak naik pesawat?

Pada saat take-off dan landing, terjadi perubahan tekanan udara yang mendadak. Ini akan mempengaruhi fungsi organ tubuh manusia terutama telinga…

Rongga telinga bagian dalam akan menyempit. Karena itu upayakan agar rongga ini selalu terbuka, caranya dengan melakukan gerakan mengunyah, atau menelan air ludah

Pada bayi atau anak yang lebih besar biasanya mereka dianjurkan untuk minum/menyusu atau memakan sesuatu.

Bila rongga tersebut tetap tertutup misalkan karena sesuatu sebab seperti sedang menderita batuk pilek, maka akan terasa sakit sekali.

Tingkat kebisingan didalam pesawat juga akan meningkat dan dapat mempengaruhi organ pendengaran bayi.

Berapa sebenarnya batas minimal seorang bayi aman untuk diajak naik pesawat?

Sebenarnya tidak ada batasan yang baku tentang usia berapa seorang bayi naik pesawat terbang

Sebaiknya setelah usia 2-3 bulan seorang bayi dapat memulai perjalanan melalui pesawat terbang, dimana daya tahan tubuhnya mulai berkembang lebih baik, dan respon terhadap lingkungan baru lebih baik.

Tiap maskapai penerbangan memiliki persyaratan tertentu mengenai usia bayi minimal.

Secara umum peraturan pihak maskapai penerbangan, umur bayi boleh naik pesawat terbang adalah ketika bayi sudah berumur 6 bulan

jika umur bayi kita dibawah 6 bulan harus terlebih dahulu meminta surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa bayi kita bisa dibawa naik pesawat.

Aerospace medical association merekomendasikan usia 2 minggu sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara.

Center for disease control and prevention merekomendasikan usia 6 minggu sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara.

Bayi prematur dengan riwayat penyakit system organ pernafasan disarankan tidak melakukan perjalanan dengan pesawat terbang hingga usia 1 tahun.

British thoracic society merekomendasikan usia koreksi 6 bulan sebagai batas perizinan bayi prematur untuk menempuh perjalanan udara.

Hindari bepergian melalui udara apabila sedang menderita infeksi saluran napas akut seperti sedang batuk pilek, radang telinga dan kondisi sakit lainnya yang menyebabkan rasa tidk nyaman yang berlebih. ( Dr. H. Taufiqur Rahman SpA )

Share